Definisi
Merger.
Merger, konsolidasi, akuisisi adalah hal yang sangat
umum dilakukan agar perusahaan dapat memenangkan persaingan,
serta terus tumbuh dan berkembang. Merger merupakan salah satu pilihan terbaik untuk
memperkuat fondasi bisnis, jika merger tersebut dapat memberikan sinergi. Oleh karena itu, ada tidaknya sinergi suatu merger dan akuisisi
tidak bisa dilihat sesaat setelah merger dan akuisisi itu terjadi, tetapi diperlukan waktu yang cukup panjang. Sinergi yang
terjadi sebagai akibat dari penggabungan usaha bisa berupa turun naiknya skala ekonomis, maupun sinergi keuangan yang
berupa kenaikan modal.
Syarat Merger.
Hazel J.Johnson (1995) menyatakan, prasyarat yang
harus dianalisis terlebih dahulu dari kedua Bank yang akan melakukan merger
adalah:
- Kondisi keuangan masing-masing Bank,
merger sesama bank sehat atau karena collapse
- Kecukupan modal
- Manajemen, baik sebelum atau sesudah
merger
- Apakah merger dapat memberi manfaat
bagi pengguna jasa Bank tersebut
- Perusahaan yang
melakukan penggabungan usaha baik secara Merger/ Konsolidasi.
Bank Niaga dengan Bank Lippo
- Ceritakan
tentang sejarah perusahaan tersebut, alasan merger/ konsolidasi, keadaan
setelah bergabung.
Sekilas Bank Niaga
Bank Niaga didirikan pada 26 September 1955, dan saat ini
lnerupakan bank ke-7 terbesar di Indonesia berdasarkan aset serta ke-2 terbesar
di segmen Kredit Kepemilikan Rumah dengan pangsa pasar sekitar 9-1 0°/6.
Bumiputra-Commerce Holdings Rerhad (BCHB) memegang kepemilikan mayoritas sejak
25 November2002, kemudian dialihkan kepada CIMB Group, anak perusahaan yang
dimiliki sepenuhnya oleh RCHB, pada 16 Agustus 2007.
Sebagai salah satu
bank paling inovatif di Indonesia, Bank Niaga memperkenalkan Iayanan ATM pada
tahun 1987 dan menerapkan system perbankan on-line pada tahun 1991 Dengan lebih
darl 6.000 karyawan,Bank Niaga menawarkan rangkaian lengkap produk dan jasa
perbankan. baik konvensional maupun Syariah melalui 256 kantor cabang di 48
kota di Indonesia.
Bank Niaga memiliki reputasi yang sangat baik di bidang
pelayanan nasabah dan tata kelola perusahaan. serta telah melahirkan banyak
bankir handal di Indonesia. Melalui jaringan kantor cabang dan ATM yang luas
serta keberagaman jalur distribusi perbankan elektronik. Bank Niaga
menghadirkan layanan perbankan yang dikemas sesuai selera nasabahnya.
Diantara berbagai penghargaan pernah diterima diantaranya
peringkat pertama untuk Performance Management and Training and Development
pada ajang HR Excellence Award 2007, dinobatkan sebagai Bank Terbaik oleh
Majalah Investor, serta predikat 'The Most Consistent Bank in Service
Excellence' oleh Marketing Research Indonesia pada tahun 2006. Selaiila lima
tahun berturut-turut antara 2003-2007, Bank Niaga memperoleh penghargaan
Laporan 'Tahunan 'Terbaik untuk kategori perusahaan swasta publik sector
keuangan dalam Annual Report Award.
Sekilas Bank LIPPO
Bank Lippo didirikan pada bulan Maret 1948.
Menyusul merger dengan PT Bank Unium Asia. Bank Lippo mencatatkan sahamnva di
Bursa Efek pada November 1989. Pemerintah RI menjadi pemegang sahaln mayoritas
di Bank Lippo melalui program rekapitalisasi yang dilaksanakan pada 28 Mei
1999. Pada tanggal 30 September 2005, setelah memperoleh persetu-iuan Bank
Indonesia, Khazanah IVasional Berhad ~nengakuisisi kepemilikan mayontas di Bank
Lippo.
Sejak saat itu, Bank Lippo bergerak cepat
menerapkan strategi pertumbuhan yang baru, yang dirancang untuk membawa Rank
Lippo setara dengan bank kelas dunia. Bank Lippo mempelopori layanan E-Banking
di Indonesia. Saat ini, Bank Lippo merupakan salali satu bank terkemuka di
Indonesia dengan hampir 5.000 karyawan, yang menghadirkan produk dan layanan
perbankan berkualitas melalui 401 kantor cabang dan 722 ATM untuk melayani nasabah di lebih dari 120 kota di seluruh
Indonesia
PT. Bank CTMB Niaga-Tbk berdiri pada tanggal
1 November 2008. PT. Bank CIMB Niaga merupakan hasil merger antara PT. Bank
Niaga (Persero) Tbk dengan PT. Bank Lippo (Persero) Tbk. Proses merger
dilakukan dengan cara Commerce International Merchant Bankers (CIMB) Group
membeli 51 persen saham Bank Lippo yang dimiliki oleh Santubong Ventures. anak
usaha dari Khazanah. Khazanah sendiri adalah perusahaan besar dibidang keuangan
asal Malaysia. Total pembelian saham Bank Lippo oleh CIMB Group Rp 5,9 triliun
atau setara 2.1 miliar r~nggit Malaysia.
Sebagai gantinya Khzanah akan memperoleh
207,l Juta lembar saham baru di Bank Bumlputera - Commerce Holding Berhard
(BCHB) yakni perusahan pemilik CIMB Group. Seluruh saham Bank Lippo akan
ditukar menjadi sahani Rank Niaga dengan rasio 2,822 saham Bank Niaga per I
lembar saham Bank Lippo. Seluruh asset dan kewajiban Bank Lippo akan dialihkan
ke Bank Niaga. Dalam proses merger tersebut CIMB menawarkan fasilitas voluntary
dan standby facil~ty yang memungkinkan pemegang saham minoritas dikedua bank
untuk melepas saham mereka dan tidak berpartisipasi dalam proses merger.
Nilai saham untuk Rank Niaga adalah Rp 1.052
per saham dan Rank Lippo menjadi Rp 2.969 per saham. Transaksi komposisi CIMB
dan Khazanah dalam bank baru tersebut masing - masing akan memiliki 58.7 dan
18.7 persen. Bank CIMB Niaga hadir untuk terus melanjutkan tradisi dan legacy
terbaik dari dua bank besar dan terkemuka di Indonesia. Bank Niaga dan Bank
Lippo. Kedua bank tersebut memiliki pengalaman yang panjang dalam memberikan
layanan prima bagi para nasabahnya di seluruh tanah air, sehingga semakin
memperkuat posisi Bank CIMB Niaga dalam lansekap industri perbankan di tanah
air.
Proses merger melibatkan dua institusi perban
kan terkemuka di Indonesia yaitu Bank CIMB Niaga (selanjutnya disebut Bank
Niaga) dan Bank Lippo. menjadi Bank ClMB Niaga. Merger ini berawal dari
kebijakan BI mengenai kepemilikan tunggal di Indonesia, dimana pemegang saham
mayoritas dari Bank Niaga maupun Bank L,ippo memilih merger sebagai opsi
terbaik demi kepentingan seluruh stakeholder. Merger ini membentuk bank keenam
terbesar di Indonesia berdasal-kan aset. Perpaduan keunggulan kedua bank
menciptakan sebuah bank yang lebih baik dan bersaing serta tumbuh di tengah
makin ketatnya persaingan sektor perhankan Indonesia. Bagi CIMB Group, merger
ini akan memperkokoh posisi dan meningkatkan prospek pertumbuhannva sebagai
kelompok bisnis terkemuka di Asia Tenggara.
PT. Bank CIMB Niaga,Tbk dipimpin oleh Dewan
Komisaris dan Dewan Direksi secara kolektif dari jajaran Kom~sarisd an Direksi
Bank Niaga serta Bank Lippo. Bank hasil merger ini akan membentuk bank yang
merupakan bank terbesar ke-lima di Indonesia berdasarkan jumlah asset dan
tabungan dengan total asset Rp 95,2 tr~liunt,o tal tabungan Rp 78,l triliun dan
total kantor cabang leblh dari 650 di seluruh Tndonesia ( data per 31
Maret2008). Rencana merger ini juga se-jalan dan merupakan langkah positif yang
diambil berkaitan dengan misi Bank Indonesia (BI ) untuk menciptakan institusi
keuangan lokal yang lebih besar dan kuat di Tndonesia, di mana ha1 ini pun
sejalan dengan arsitektur Perbankan Indonesia ( API ).
Bank CIMB Niaga
PT Bank CIMB Niaga Tbk atau yang lebih ikenal dengan CIMB Niaga adalah sebuah bank yang berdiri pada tahun 1955. Saat ini CIMB Niaga merupakan bank terbesar ke-lima di Indonesia dilihat dari sisi aset, dan diakui prestasi dan
keunggulannya di bidang pelayanan nasabah dan pengembangan manajemen. Saat ini mayoritas saham Bank CIMB Niaga dimiliki oleh CIMB Group. Bank CIMB Niaga merupakan bank pembayar (payment
bank) KSEI terbesar dari nilai transaksi, dan dengan pangsa pasar 11%, saat
ini CIMB Niaga adalah bank penyedia kredit pemilikan rumah terbesar ketiga di Indonesia.[1]
Sejarah
CIMB Niaga pertama kali didirikan pada tanggal 26 September 1955 sebagai bank swasta nasional dengan nama Bank Niaga. Setelah terbentuk, membangun nilai-nilai inti dan
profesionalisme karyawan menjadi perhatian utama bank. Pada tahun 1969, ketika sektor swasta di Indonesia dilanda krisis, Bank Niaga mampu bertahan dan berhak
memperoleh jaminan dari Bank Indonesia. Bank Niaga kemudian merevisi rencana usahanya pada
tahun 1974, dan berganti menjadi bank umum agar dapat memenuhi
kebutuhan nasabah.
Pada tahun 1976 Bank Niaga meluncurkan Program Kredit Profesional, yaitu
pinjaman bagi para profesional seperti ahli teknik, dokter, dan sebagainya. Selanjutnya, pada tahun 1981-1982, Bank Niaga menjadi bank pertama di Indonesia yang menerapkan sistem perbankan jaringan (online) dan
sistem jaringan kantor cabang. Langkah berikut yang ditempuh Bank Niaga adalah
membentuk jaringan unit usaha penukaran valuta asing resmi di sejumlah kantor cabang pada tahun 1985 beserta beragam produk baru. Di tahun 1987, Bank Niaga membedakan dirinya dari pesaingnya di pasar
domestik dengan menjadi Bank yang pertama menawarkan nasabahnya layanan
perbankan melalui mesin ATM di Indonesia.
Pada Juni 1989 merupakan tahun Bank Niaga melakukan penawaran saham
perdana sehingga menjadi perusahaan terbuka. Saham yang ditawarkan laris
dibeli, dan saham yang dipesan mencapai empat kali lipat dibanding jumlah saham
yang diterbitkan (20,9 juta saham).
Bank Niaga mulai menyediakan layanan bagi nasabah kelas
menengah-atas pada tahun 1998, guna memperbesar jumlah nasabah.
Pada tahun 1999, Bank Niaga menjadi bank di bawah pengawasan Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN), namun bukan akibat tindak korupsi. Pengambilalihan bank oleh BPPN dilakukan karena dana
pemegang saham untuk rekapitalisasi kurang dari 20%.
Commerce Asset Holdings Berhad (CAHB), yang sekarang
dikenal luas sebagai CIMB Group Holdings Berhad, mengakuisisi saham Bank Niaga
pada tahun 2002. Tahun 2007, seluruh kepemilikan saham berpindah ke CIMB Group
sebagai bagian dari reorganisasi internal untuk mengkonsolidasi kegiatan
seluruh anak perusahaan CIMB Group. Pada bulan Mei 2008, Bank Niaga resmi berubah nama menjadi Bank CIMB Niaga.
Dalam rangka memenuhi kebijakan Single Presence Policy (SPP) yang ditetapkan Bank Indonesia, Khazanah Nasional Berhad
sebagai pemilik saham mayoritas Lippo Bank dan juga saham pengendali Bank Niaga (melalui CIMB
Group), melakukan penggabungan (merger) kedua bank tersebut secara resmi pada
tanggal 1 November 2008 yang diikuti dengan pengenalan logo kepada masyarakat
luas
Latar Belakang Penggabungan
Merger
Niaga Dan Lippo merupakan dampak dari diterapkannya aturan kepemilikan tunggal
(single presence policy / SPP ) yang ditetapkan Bank Indonesia. Ketentuan SPP
mewajibkan kepemilikan tunggal bagi pemegang saham pengendali dilebih dari satu
Bank. Oleh karena itu, Khazanah Berhad asal Malaysia selaku pemilik saham Bank
CIMB Niaga dan Lippo Bank memutuskan untuk merger.
Selain
itu jika merger terlaksana, struktur permodalan akan semakin kokoh dengan
asumsi Niaga memiliki ekiuditas sebesar Rp 5 triliun dan Lippo sebesar Rp 3,6
triliun, maka merger akan memiliki modal Rp 8,7 triliun. Dengan modal sebesar
itu, akan memberikan kredit tanpa harus khawatir terbentuk BMPK ( batas
maksimium pemberian kredit ). Disamping itu, bank hasil merger juga akan lebih
cepat memenuhi syarat Arsitektur Perbankan Indonesia (API) untuk menjadi bank
berskala nasional yang mensyaratkan modal minimal sebesar 10 triliun.
Merger
itu juga akan melahirkan sinergi positif. Lippo yang dikenal cukup kuat diusaha
kecil menengah (UKM) dan system pembayaran (Payment back), diyakini akan bias
menopang bisnis Niaga sebagai pemain kuat disegmen korporat dan kredit
perumahan. Kondisi yang ada adalah penetrasi kredit Lippo masih amat rendah.
Itu terbukti dari Loan to deposit ratio (LDR) yang hanya sekitar 50,7 %.
Sedangkan di Niaga sekitar 95 % dana masyarakat mengalir dalam bentuk kredit.
Hasil Merger
Bank Lippo dan Niaga
- Pascamerger, Simpanan
Nasabah CIMB Niaga Meningkat
- PT
Bank CIMB Niaga Tbk meraih predikat perusahaan "Sangat
Tepercaya".
- Laba Bersih Bank Niaga Capai Rp 207 Miliar
- Niaga-CIMB
Group Kirim Pelajar ke Malaysia
- Dll.
Referensi :
http://finance.detik.com/read/2008/10/16/190159/1021349/5/bi-setujui-merger-cimb-niaga-dan-bank-lippo
Thank u a lot buat infonya... it help me a lot for some task :))
BalasHapusBisa beri contoh merger yang lain gak? :D
BalasHapusThanks :)
terimakasih infonya.
BalasHapussalam,
https://marketing.ruangguru.com/bimbel
thanks,
BalasHapusjiwa
nice info nihhh
BalasHapusWOW
ANNIKA AMAHLE
BalasHapusSemua terima kasih kepada Ny. KARINA ROLAND untuk membantu saya dengan pinjaman saya setelah ditipu oleh orang-orang palsu yang telah menjadi peminjam pinjaman.
Nama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di kota Johannesburg. Sebulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya melihat pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda di internet dan saya melamar dari mereka dan semua yang saya dapatkan adalah scammers, saya melamar lebih dari 2 perusahaan dan saya ditipu sepanjang waktu. Jadi saya menyerah harapan sampai saya memutuskan untuk memeriksa lagi apakah saya akan menemukan bantuan ketika saya mencari dan saya memutuskan untuk mencari perusahaan pinjaman yang sah. Saya menemukan perusahaan ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Saya melihat banyak kesaksian yang dikomentari orang tentang dia tetapi karena saya ditipu beberapa kali saya pikir itu scam tapi saya melakukan apa yang saya diminta untuk lakukan dan saya menunggu pinjaman saya dan Nyonya KARINA ROLAND mengatakan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam waktu Anda dengan pinjaman saya dengan aman saya tidak percaya Karena saya pikir itu juga scam sehingga hari itu malam hari di Afrika Selatan dan saya tidur di pagi hari berikutnya ketika saya bangun saya menerima peringatan dari rekening bank saya dan segera saya menelepon manajer bank saya untuk konfirmasi dan manajer bank mengatakan kepada saya untuk segera datang ke bank dan saya segera pergi begitu saya tiba di sana manajer bank memeriksa akun saya dan melihat sejumlah $ 127,000.00 USD yang merupakan Dolar Amerika Serikat dan saya menjelaskan kepada manajer saya bahwa saya mengajukan pinjaman online dan bank saya Manajer terkejut jika ada masih perusahaan pinjaman nyata dan sah secara online saya sangat senang semua berkat MRS KARINA ROLAND saya memutuskan untuk menulis di internet karena saya melihat orang lain melakukannya dan bersaksi tentang perusahaan ini itu sebabnya saya memposting pesan ini secara online kepada siapa pun yang membutuhkan pinjaman bahkan jika Anda telah ditipu sebelum mengajukan permohonan dari perusahaan ini dan yakinlah bahwa perusahaan ini tidak akan mengecewakan Anda. Salam kepada siapa pun yang membaca pesan saya dan Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui surat (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +1 (585) 708-3478, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, Anda dapat menghubungi saya juga untuk informasi lebih lanjut ..... annikaamahlemokoena@gmail.com