Blogger Backgrounds

Senin, 15 Oktober 2012

Filsafat ------> Etika ----> etika sebagai mahasiswa -----> etika sebagai anak di keluarga


Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar.
Pengertian etika atau lazimnya disebut etika moral adalah gambaran rasional mengenai hakekat dan dasar perbuatan dan keputusan yang benar serta prinsip-prinsip yang menentukan klaim bahwa perbuatan dan keputusan tersebut secara moral diperintahkan atau dilarang. Etika juga merupakan kebiasaan moral dan sifat perwatakan yang berisi nilai-nilai yang terbentuk dalam tingkah laku dan adat istiadat.Oleh karena itu penelitian etika selalu menempatkan tekanan khusus terhadap defenisi konsep-konsep etika, justifikasi atau penilaian terhadap keputusan moral, sekaligus membedakan antara perbuatan dan keputusan yang baik dan buruk.  (Ibrahim Lubis.Makalah Pendidikan Etika | Akhlak Dan Moralhttp://makalahmajannaii.blogspot.com/2012/02/etika.html. 27 november 2012)

Versi saya, evianthy :
Filsafat adalah pandangan hidup yang di miliki seseorang tentang kehidupan yang sedang di jalani. Dengan seseorang mengetahui filsafat hidupnya, seseorang dapat mengetahui benar atau tidaknya baik atau buruknya perbuatan yang ia lakukan di kehidupannya agar hidupnya menjadi lebih baik. Selain filsafat, baiknya seseorang juga mengetahui dan memahami arti dari Etika, etika itu sendiri adalah nilai mengenai benar atau salah baik atau buruknya tindakan yang di ambil oleh seseorang yang dapat dilihat oleh orang atau masyarakat lainnya.

Etika sebagai mahasiswa:
·         Mengikuti mata kulaih dengan baik sesuai jadwal dan bertanggungjawab meperoleh nilai yang baik.
·         Mematuhi  peraturan-peraturan yang berlaku di lingkungan
·         Menghormati dan menghargai dosen dan sesama mahasiswa lainnya.
·         Selain menjadi mahasiswa di kampus, saya juga menjadi Asisten di salah satu Labolatorium di kampus Gunadarma, jadi saya harus memberikan contoh yang baik dan perperilaku baik juga, apabila asisten laboratoriumnya berperilaku baik, nama baik bukan hanya saya miliki tetapi nama Laboratorium dan nama kampus juga akan baik.
·         Bersedia menerima sanksi yang ditetapkan atas pelanggaran terhadap peraturan yang berlaku sebagai bagian dari pendidikan disiplin.

Etika sebagai Anak di dalam keluarga :
·         Menjadi contoh yang baik di lingkungan rumah.
·         Berperilaku dan bertutur kata yang baik yang mencerminkan sebagai Anak  yang merupakan Anak dari Keluarga terpelajar.
·         Berupaya mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah dipelajarinya di masyarakat sebagai wujud pengabdian.
·         Memberi perhatian lebih kepada Orang Rumah/ Keluarga, karna Keluarga adalah yang terpenting dalam hidup saya.
·         Berusaha menjadi yang terbaik yang dapat dibanggakan oleh keluarga.

3 komentar: